5 Hal Ini Ternyata Menjadi Penyebab Ketiak Hitam

Artikel Keyword 27 Cover - 7 Sep 2020

        Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang wajib dirawat dan dibersihkan karena ketika kita beraktivitas salah satu pusat keluarnya keringat dalam tubuh adalah melalui bagian tubuh tersebut. Oleh karena itu, ketiak berpotensi untuk menjadi tempat bersarangnya bakteri dan sel kulit mati. Ketiak akan berbau dan menghitam jika kita tidak rutin merawat dan membersihkannya.

            Kebanyakan orang menginginkan ketiak yang cerah dan bersih karena ketiak yang hitam membuat kita menjadi tidak percaya diri. Misalnya saja ketika ingin menggunakan pakaian tanpa lengan, ketiak yang hitam akan membuat tingkat kepercayaan diri kita menurun. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan. Sebenarnya, apa saja yang menjadi penyebab ketiak hitam? Simak 5 penyebab ketiak hitam berikut ini.

1.  Salah Pilih Pisau Cukur

Untuk merawat serta menjaga kebersihan dan keindahan ketiak, mencukur bulu ketiak adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara rutin. Ketika mencukur bulu ketiak, pastikan pisau cukur yang digunakan bersih karena ketiak merupakan bagian yang sensitif.

Pisau cukur yang kotor dapat menyebabkan iritasi pada ketiak dan iritasi dapat menyebabkan ketiak menghitam. Oleh karena itu, kita harus hati-hati dalam memilih pisau cukur dan jangan lupa untuk mengganti pisau cukur secara berkala.

2.  Tidak Membersihkan Ketiak dengan Baik

Ketiak wajib dibersihkan pada saat mandi terutama sehabis melakukan aktivitas yang berkeringat. Agar bakteri dan kotoran tidak menumpuk, gosok ketiak dengan sabun secara perlahan hingga bersih. Akan lebih baik jika melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab ketiak hitam.

3.  Menggunakan Baju yang Terlalu Ketat

Jika ingin memiliki ketiak yang cerah, sebaiknya jangan menggunakan baju yang terlalu ketat karena gesekan antara baju dan permukaan kulit ketiak menjadi penyebab ketiak hitam. Gunakan pakaian yang longgar, nyaman, dan menyerap keringat untuk menghindari resiko ketiak hitam.

4.  Kelainan Hiperpigmentasi

Bagi sebagian orang, mungkin kata hiperpigmentasi masih terdengar asing di telinga. Apa itu hiperpigmentasi? Hiperpigmentasi merupakan salah satu permasalahan kulit yang terjadi karena produksi melanin yang berlebihan. Hiperpigmentasi menyebabkan area-area kulit tertentu menjadi lebih gelap, salah satunya adalah pada area ketiak.

5.  Penyakit Acanthosis Nigricans

Selain hiperpigmentasi, terdapat jenis kelainan kulit lain yang menjadi penyebab ketiak hitam, yaitu Acanthosis Nigricans. Kelainan kulit tersebut ditandai dengan adanya penebalan dan kehitaman pada daerah leher dan lipatan kulit. Beberapa faktor penyebabnya adalah kegemukan atau obesitas dan faktor keturunan.

            5 hal di atas merupakan penyebab utama menghitamnya ketiak. Tentunya menyebalkan ketika kepercayaan diri kita menurun karena ketiak yang hitam. Jadi, sebaiknya hindari hal-hal di atas untuk menjaga ketiak agar tetap cerah dan harum.

            Salah satu produk deodorant terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menjaga ketiak agar tetap harum sepanjang hari adalah deodorant spray AXL. Terdapat banyak merek deodorant spray terkemuka yang diproduksi oleh AXL, seperti Pierre Cardin, AXL Alexander, Jovan, One Man Show, dan masih banyak lagi. Dengan wangi yang beragam, mulai dari wangi soft hingga strong, Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera Anda.

            Semuanya bisa didapatkan dengan mudah melalui situs kami. Anda akan mendapatkan penawaran spesial berupa diskon hingga 25% jika melakukan pembelian melalui situs kami. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan deodorant spray berkualitas tinggi AXL hanya dengan klik di sini!