Masih Pakai Minyak Rambut? Pomade Bisa Jadi Alernatif

photo-1543965170-e3d16958f280

Dibandingkan dengan menggunakan minyak rambut, saat ini banyak millennial yang beralih ke produk terbaru pomade untuk perawatan rambut mereka. Meski sama-sama digunakan sebagai perawatan rambut dan membuatnya tampak lebih berkilau, pomade dirasa lebih ampuh dan aman digunakan. Selain itu, pomade juga lebih mudah didapatkan karena hanya perlu membeli di toko atau distributor saja.

Sedangkan untuk mendapatkan minyak rambut saat ini sudah cukup jarang dijual di pasaran. Beberapa orang biasanya juga membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami, namun hal itu juga tidak menjamin kualitas dan keamanannya. Daripada rambut Anda menjadi rusak karena kesalahan penggunaan jenis minyak untuk rambut, lebih baik pakai pomade yang lebih praktis.

Perbedaan Minyak Rambut dan Pomade Rambut

Hingga saat ini ternyata masih banyak yang belum paham tentang perbedaan minyak dan pomade untuk rambut. Secara umum, kedua produk tersebut memang memiliki fungsi yang hampir sama yaitu untuk perawatan dan membuat rambut lebih berkilau. Namun, ada beberapa perbedaan dari kedua produk perawatan rambut tersebut, antara lain:

1.    Bahan Pembuatan dan Sifatnya

Seperti namanya, minyak rambut bertekstur seperti minyak dan digunakan pada rambut untuk perawatan. Biasanya, para pria menggunakan minyak untuk rambut model belah pinggir.

Dibandingkan dengan minyak rambut, pomade memiliki ketahanan yang lebih lama dan lebih awet. Hal ini dikarenakan bahan dasar pembuatan pomade tidak hanya minyak, tetapi juga lemak. Beberapa jenis pomade juga ada yang mengandung campuran air cukup banyak sehingga lebih mudah saat dibersihkan hanya dengan sekali keramas.

2.    Efek yang Ditimbulkan dan Daya Tahannya

Menggunakan minyak rambut sebenarnya efek mengkilap nya tidak terlalu lama karena bahan ini lebih mudah mengering. Penggunaan minyak ini lebih kepada efek melembutkan dan lebih mudah diatur, cocok untuk rambut gondrong. Sedangkan jika Anda menggunakan pomade akan menimbulkan kesan mengkilap dan klimis. Pomade akan membuat rambut terkesan lebih kaku namun tetap mudah diatur.

3.    Cara Membersihkan

Menggunakan minyak rambut lebih mudah saat dibersihkan hanya dengan pakai shampoo dan air dingin biasa. Sedangkan pomade lebih disarankan menggunakan shampoo dengan air hangat. Meski begitu, produk pomade cenderung lebih mudah dibersihkan daripada produk rambut lainnya seperti wax atau gel.

Mengenai cara pemakaian minyak maupun produk pomade sebenarnya sama saja. Usahakan rambut Anda kering terlebih dahulu sebelum menggunakan kedua produk tersebut. Setelah itu, bisa diratakan terlebih dahulu pada telapak tangan lalu diaplikasikan pelan-pelan atau sedikit demi sedikit pada rambut. Untuk sentuhan akhir dalam pemakaian minyak rambut atau pomade bisa gunakan sisir agar lebih rapi.

Untuk mendapatkan hasil kilapan yang lebih maksimal dan tahan lama, lebih baik gunakan pomade. Saat ini sudah banyak pomade dijual di pasaran seperti pomade yang dikeluarkan AXL yang terkenal memiliki kualitas yang bagus. Hal ini karena produk-produk yang diciptakan diproduksi dengan baik dan menggunakan bahan pilihan. Berikut ini produk pomade keluaran AXLyang menjadi Andalam, antara lain:

  • One Man Show Hair Styling Pomade berukuran 60 gram = 24.000
  • Jovan Musk Oil Hair Styling Pomade berukuran 60 gram = 59.000

Harga diatas merupakan harga normal. Anda mungkin akan menemui harga lebih murah pada saat masa promosi/ diskon yang terkadang diadakan di website resminya. Anda dapat menemukan produk diatas pada supermarket atau mini market terdekat. Bisa juga Anda dapatkan secara online pada situs resminya.