Faktor Penyebab Bau Badan yang Mungkin Tidak Disadari

photo-1575411908637-69b9b4539ec9

Satu hal yang bisa menjadi masalah serius dan menyebalkan baik untuk yang bersangkutan ataupun orang lain adalah bau badan. Timbulnya bau badan yang tidak sedap pada tubuh seseorang akan membuat tidak percaya diri. Selain itu juga akan sangat mengganggu orang yang ada di dekatnya. Sebaiknya ketahui dengan pasti apa penyebab bau badan tersebut untuk menanganinya.

Penanganan pada masalah bau badan yang efektif memang sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Hal tersebut berkaitan dengan banyaknya penyebab timbulnya bau badan pada diri seseorang. Mengetahui apa yang menjadi penyebabnya akan membuat penanganannya lebih efektif. Akhirnya masalah bau badan akan bisa diatasi dengan baik dan tidak mengganggu lagi.

Penggunaan produk perawatan untuk mencegah terjadinya keringat yang berlebihan juga bisa mengurangi bau badan. Lebih jelasnya tentang faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab bau badan bisa disimak di bawah ini.

Faktor yang Menyebabkan Timbulnya Bau Badan

Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Orang yang memiliki berat badan lebih dari yang angka normal dan cenderung obesitas akan lebih mudah mengalami masalah bau badan. Hal tersebut bisa terjadi karena pada orang yang gemuk atau obesitas terdapat banyak lipatan kulit di tubuhnya. Lipatan tersebut bisa menjadi sarang bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak dan memicu bau badan tidak sedap.

Agar faktor obesitas atau berat badan yang berlebihan tersebut tidak menjadi penyebab bau badan Anda bisa mengakalinya. Pakailah deodorant yang ada kandungan anti perspirant untuk mencegah keringat berlebih dan membuat bakteri dan kuman berkembang biak.

Terjadinya Infeksi Pada Kulit

Adanya infeksi yang menyerang bagian kulit juga bisa menjadi faktor penyebab bau badan yang kurang sedap. Infeksi pada permukaan kulit akan menyebabkan keluarnya keringat yang mengandung urea. Keringat seperti itu akan memicu terjadinya aroma yang tidak sedap pada tubuh.

Selain itu pada kulit yang mengalami infeksikuman dan bakteri akan tumbuh. Untuk mengatasinya segera lakukan penangangan agar infeksi pada kulit bisa segera sembuh.

Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Tanpa Anda sadari makanan yang Anda makan bisa saja menjadi penyebab bau badan tidak enak. Jenis bahan makanan tertentu seperti bawang merah dan bawang putih bisa menyebabkan timbulnya bau kurang sedap karena adanya zat alisin. Sementara itu jenis sayuran dari keluarga cruciferous seperti kol dan brokoli juga bisa menyebabkan bau badan karena mengandung sulfur.

Gangguan Pada Sistem Metabolisme

Hati-hati, penyebab bau badan yang timbul pada diri Anda mungkin disebabkan oleh adanya gangguan dalam sistem metabolisme. Gangguan tersebut dinamakan trimethylaminuria yaitu kondisi dimana tubuh kita tidak mampu lagi memecah hormon trimetilaminuria dalam makanan. Akibatnya hormon tersebut akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin, keringat dan napas yang tidak sedap.

Konsumsi Jenis Obat Tertentu

Obat yang sedang Anda konsumsi juga bisa menjadi salah satu dari penyebab bau badan. Jenis obat-obatan yang dimaksud antara lainantidepresan dan antipsikotik; Contohnya adalah acetaminophen dan juga aspirin.

Jika Anda sudah mengetahui apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab bau badan maka Anda akan lebih mudah menanganinya. Pastikan juga Anda menggunakan produk yang dapat menghilangkan bau badan seperti deodorant. Deodorant yang mengandung anti perspirant akan membantu Anda mengurangi keringat yang dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Selain itu deodorant dengan wangi menyegarkan dapat membantu Anda merasa fresh dan percaya diri. Temukan produk deodorant yang Anda sukai disini.