Mengenal Arti Reseller dan Perbedaannya dengan Distributor

Artikel AXL Keyword 48 Cover - 8 Okt 2020

            Ketika sedang berbelanja, terutama secara online, pernahkah Anda menemukan kata “Reseller” dan “Distributor”? Ya, kedua kata tersebut kerap kali ditemukan terutama saat sedang melakukan kegiatan online shopping. Bahkan, barangkali ada kerabat Anda yang berprofesi sebagai reseller atau distributor. Meskipun sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, masih banyak yang belum mengerti apa arti reseller dan distributor sebenarnya serta apa yang membedakan keduanya.

            Kedua kata tersebut memang memiliki relasi dan hubungan yang erat dengan dunia bisnis, hanya saja terdapat perbedaan di antara keduanya. Meskipun begitu, pada praktiknya reseller dan distributor saling membutuhkan satu sama lain. Sebenarnya, apa arti reseller dan distributor, dan apa yang membedakan reseller dan distributor? Untuk mengetahuinya, Anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Arti Reseller

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai reseller, tentu saja Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa arti reseller. Definisi dari reseller adalah seseorang yang membeli suatu produk langsung dari distributor atau pembuat produk (produsen) dengan tujuan menjualnya dalam jumlah yang lebih kecil atau eceran. Oleh karena itu, reseller sering kali disebut sebagai penjual ulang karena pekerjaannya, yaitu menjual ulang barang yang dibeli dari distributor.

Kebanyakan reseller membeli produk yang akan dijual secara grosir, kemudian menjualnya lagi secara eceran. Hal tersebut dilakukan karena pembelian secara grosir relatif lebih murah, bahkan jika pintar dalam memilih distributor, maka reseller bisa mendapatkan penawaran dan harga khusus.

Manfaat Reseller

Banyak manfaat yang akan didapatkan bila menjadi reseller, salah satunya adalah sumber penghasilan tambahan. Tidak masalah apabila Anda memiliki pekerjaan lain, seperti menjadi ibu rumah tangga, karyawan, ataupun pekerja harian karena reseller bisa dijadikan pekerjaan sampingan. Sesuai dengan arti reseller, yaitu penjual ulang, Anda bisa leluasa berbisnis tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar karena Anda bisa mendapatkan produk tanpa harus mengkhawatirkan biaya produksi, dan lain sebagainya.

Ketika memutuskan untuk menjadi reseller, yang perlu Anda siapkan adalah modal awal berupa sejumlah uang yang besarnya disesuaikan dengan harga produk yang akan dibeli, koneksi internet, dan gadget. Jangan lupa untuk membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara kerja reseller agar target Anda dapat tercapai dengan baik.

Mengenal Arti Distributor

Berbeda dengan reseller, distributor adalah pihak yang menyalurkan dan menjual produk secara terus menerus kepada pedagang ecer atau reseller dan kepada konsumen secara langsung. Distributor biasanya memiliki gudang penyimpanan yang berisi produk-produk yang telah dibuat dan diberikan oleh produsen.

Jenis-jenis distributor pun beragam. Distributor dibedakan berdasarkan barang yang disalurkan kepada reseller atau konsumen, seperti distributor barang jika produk yang didistribusikan berupa barang, distributor jasa jika yang didistribusikan adalah jasa, dan distribusi perorangan untuk penyaluran produk atau jasa dari produsen ke pribadi masing-masing.

Intinya, keduanya saling berhubungan dan membentuk simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan. Distributor mendapatkan keuntungan dari barang yang dibeli oleh reseller dan reseller mendapatkan barang dari distributor dan mendapat keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang ditetapkan.

            Nah, itulah penjelasan mengenai arti reseller dan distributor serta perbedaannya. Jika Anda tertarik untuk menambah penghasilan Anda dengan menjadi reseller, namun masih bingung harus berjualan produk apa, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa bergabung menjadi reseller AXL Parfume. Kenapa AXL Parfume? Karena AXL menyediakan barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari seperti sabun mandi, deodorant, parfum, dan masih banyak lagi. Dengan menjual kebutuhan sehari-hari maka kemungkinan repeat order dari customer Anda akan sangat besar. Menguntungkan, bukan?

            Tunggu apa lagi, segera kunjungi website kami. Tekan menu lalu pilih opsi menjadi reseller. Anda hanya perlu mengisi form yang disediakan dan tim kami akan segera menghubungi Anda.