Pengertian Dari Antiperspirant Adalah Serta Cara Menggunakannya

84

Pernahkah Anda membaca atau mendengar istilah antiperspirant? Istilah tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang selalu memerhatikan penampilan. Jika mendengar kata antiperspirant, mungkin hal yang terlintas dalam benak Anda ialah deodorant. Pada kenyataannya, deodorant dan antiperspirant merupakan dua hal yang berbeda. Pasalnya, tidak semua deodorant mengandung antiperspirant. Lantas, apa yang membedakan deodorant dengan antiperspirant?


Apa yang Membedakan Deodorant dan Antiperspirant?

1. Fungsinya

Hal pertama yang membedakan deodorant dan antiperspirant adalah fungsinya. Deodorant adalah benda yang diciptakan menghilangkan serta mengatasi bau badan, sehingga fungsi utamanya adalah sebagai penghilang bau badan. Sedangkan antiperspirant adalah benda yang diciptakan dan digunakan untuk mengurangi dan mengontrol produksi keringat, sehingga fungsi utamanya adalah sebagai pengontrol keringat yang diproduksi tubuh.

2. Kandungannya

Faktor pembeda kedua dari deodorant dan antiperspirant adalah kandungan yang terdapat pada deodorant dan antiperspirant. Deodorant memiliki kandungan alkohol yang berperan sebagai agen antibakteri. Selain itu, terdapat kandungan soda kue, dan lain sebagainya yang fungsi utamanya adalah untuk melawan bakteri. Sedangkan, antiperspirant memiliki kandungan senyawa aluminium, seperti aluminium klorida yang berfungsi untuk menghalangi saluran keringat.

Setelah mengetahui pengertian dari antiperspirant, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menggunakannya. Hal ini perlu dilakukan agar antiperspirant dapat bekerja dengan optimal. Simak tata caranya di bawah ini.

Cara Menggunakan Antiperspirant

Seperti yang telah kita ketahui bersama, antiperspirant adalah salah satu rangkaian body care yang digunakan untuk mengontrol jumlah keringat. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Gunakan Antiperspirant Sebelum Tidur

Antiperspirant adalah benda yang di dalamnya terdapat bahan aktif berupa senyawa aluminium yang membutuhkan waktu untuk bereaksi. Oleh karena itu, waktu yang paling tepat untuk mengoleskan antiperspirant adalah pada malam hari sebelum Anda tidur. Sebab, kandungan dari antiperspirant akan bereaksi secara optimal selama Anda tidur.

  • Gunakan Antiperspirant Satu Hari Sekali

Hindari menggunakan antiperspirant berkali-kali. Cukup gunakan satu hari sekali karena kebanyakan antiperspirant memberikan perlindungan selama 12 bahkan 48 jam. Jadi, jangan berlebihan dalam menggunakan antiperspirant.

  • Hindari Menggunakan Antiperspirant Setelah Shaving

Jangan menggunakan antiperspirant setelah shaving atau mencukur bulu ketiak. Sebab, kulit ketiak masih dalam kondisi sensitif setelah dicukur dan penggunaan antiperspirant dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit ketiak. Oleh karena itu, berikan waktu 1 - 2 hari setelah mencukur ketiak hingga kulit ketiak kembali normal.

  • Gunakan Antiperspirant Saat Kulit Ketiak Kering

Hindari penggunaan antiperspirant saat kulit ketiak Anda sedang dalam keadaan basah. Sebab, antiperspirant tidak akan bereaksi dan bekerja secara maksimal.

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan antiperspirant. Selain itu, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara deodorant dan antiperspirant. Meskipun berbeda, terdapat beberapa produk deodorant yang mengandung antiperspirant. Pillih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Sebab, antiperspirant adalah agen pengontrol keringat, maka antiperspirant sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki masalah keringat berlebih. Namun jika Anda hanya memiliki masalah bau badan, cukup gunakan deodorant. Dan apabila Anda memiliki masalah bau badan dan keringat berlebih gunakanlah produk deodorant yang memiliki kandungan antiperspirant.

Nah, salah satu produk deodorant yang telah mengandung antiperspirant dan mudah untuk ditemukan ialah Pierre Cardin deodorant spray. Deodorant ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki masalah bau badan dan keringat berlebih. Produk keluaran AXL Parfume ini dapat dibeli secara online melalui situs resmi AXL Parfume. Tunggu apa lagi, segera dapatkan deodorant spray berkualitas AXL Parfume dan dapatkan harga spesial dengan melakukan transaksi melalui situs resmi AXL!