Tips Memilih Jenis Sabun Untuk Kulit Sensitif

photo-1444878776654-81bd9dff66cf

Di pasaran ada banyak jenis sabun yang bisa Anda beli, namun tak banyak yang memproduksi sabun untuk kulit sensitif. Padahal, seperti Kita tahu banyak yang mengalami kondisi kulit ini atau memang terlahir dengan kulit yang sensitif. Nah, untuk mereka yang memiliki kulit sensitif akan sulit untuk menemukan sabun yang cocok karena jika tidak cocok akan mengalami alergi atau efek tertentu pada kulit.

Mencari sabun untuk kulit sensitif memang tidak mudah dan harus dilakukan perlahan atau pelan-pelan karena kasus sensitivitas seseorang biasanya berbeda-beda. Anda juga harus paham jenis sabun apa yang akan cocok dengan jenis kulit Anda. Hal ini karena kesalahan dalam memilih sabun bisa membuat kondisi kulit sensitif Anda semakin bertambah parah.

Tips Memilih Sabun Untuk Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya Anda pelajari dulu beberapa jenis sabun yang ada di pasaran dan kandungannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih berhati-hati dan bisa memilih pilihan yang tepat saat membeli sabun. Sabun mandi memang sangat beragam dan biasanya orang memiliki kriteria tersendiri untuk memilih sabun biasa ataupun sabun untuk kulit sensitif.

Ada yang suka dengan sabun wangi/harum, sabun yang memberikan efek pemutih, sabun yang terbuat dari bahan alami dan lain-lain. Preferensi setiap orang juga berbeda-beda tergantung selera masing-masing. Namun, pastikan juga sabun yang Anda beli bukan hanya sekadar membersihkan tubuh, tetapi juga membuat kulit lebih lembut dan sehat. Berikut ini tips memilih sabun bagi pemilik kulit sensitif, antara lain:

·         Pilihlah sabun untuk kulit sensitif sesuai dengan jenis kulitnya apakah kering, berminyak atau lainnya. Anda  juga bisa membeli sabun yang bertuliskan  bisa untuk segala jenis kulit.

·         Gunakan sabun yang terbuat dari bahan alami karena cenderung bebas bahan kimia karena bahan inilah yang bisa memicu kulit sensitif.

·         Beberapa bahan khusus seperti lidah buaya, vitamin E, chamomile atau cocoa butter biasanya digunakan dalam pembuatan sabun untuk kulit sensitive.

·         Sabun yang mengandung sedikit atau tanpa pewangi biasanya lebih aman untuk kulit yang sensitif.

·         Anda bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui sensitivitas kulit Anda (jika diperlukan).

·         Untuk mencari sabun untuk kulit sensitif, hindari sabun yang mengandung bahan anti bakteri.

·         Pilihlah sabun yang memiliki tingkat pH seimbang, biasanya lebih aman untuk kuit sensitif.

Nah, berikut ini beberapa macam sabun yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1.    Sabun Cair

Nah, jenis sabun cair ini biasanya lebih aman digunakan sebagai sabun untuk kulit sensitif karena mengandung petrolatum yang berfungsi melembapkan. Anda bisa menggunakan produk AXL Body Wash Aloe Vera dan Almond Oil liquid soap, untuk efek melembapkan dan menyegarkan.

Sabun ini dapat melembutkan dan mengenyalkan kulit, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

2.    Sabun Batang

Bagi Anda yang sedang mencari sabun untuk kulit sensitif, sebaiknya hindari jenis sabun batang karena cenderung membuat kulit kering. Hal ini karena adanya kandungan sodium hidroksida yang berfungsi membersihkan kotoran pada tubuh.

3.    Shower Gel

Shower gel ini hampir sama dengan sabun cair, namun teksturnya lebih kental seperti gel. Namun, shower gel ini kurang cocok digunakan sebagai sabun untuk kulit sensitif karena biasanya lebih banyak mengandung pewangi.

Nah, itulah beberapa tips memilih sabun dan beberapa jenis sabun yang cocok untuk kulit sensitif. Jadi sebaiknya pilih sabun cair yang tidak menggunakan scrub dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia untuk menghilangkan bakteri; Melainkan, pilih sabun yang dapat melembabkan kulit, seperti AXL Body Wash Aloe Vera liquid soap. Temukan produknya di minimarket atau supermarket terdekat, atau bisa juga membeli online dengan mengunjungi website resminya.