5 Cara Menghilangkan Bau Keringat yang Perlu Kamu Ketahui

Tips
September 14, 2020
Artikel Keyword 32 Cover - 14 Sep 2020

            Apakah tubuh Anda terasa tidak nyaman saat berkeringat? Hal tersebut tentu sangatlah wajar. Pasalnya, keringat membuat tubuh terasa lengket dan gerah, namun sebenarnya keringat baik untuk kesehatan. Hal ini karena keringat baik untuk menjaga temperatur tubuh. Keringat memiliki manfaat, yaitu membuang racun dari dalam tubuh. Zat-zat seperti ammonia, urea, kolesterol, alkohol, dan garam akan keluar dari tubuh ketika Anda berkeringat. Keringat juga disebut sebagai “detox tubuh” karena dapat membersihkan tubuh dari senyawa-senyawa yang tidak dibutuhkan.

            Meskipun baik untuk kesehatan, tidak dapat dipungkiri bahwa ketika tubuh mulai berkeringat maka tubuh akan mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini terjadi karena ketika tubuh sedang memanas, kelenjar ekrin yang ada di kulit melepaskan keringat guna mendinginkan tubuh. Faktanya keringat yang dikeluarkan tersebut sebenarnya tidak berbau. Hal yang membuatnya menjadi bau adalah bakteri yang memecah protein pada keringat yang kemudian mengubahnya menjadi zat asam.

            Tentu saja Anda tidak ingin bau keringat Anda tercium orang lain. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau keringat yang ampuh? Simak 5 tips berikut.

Ampuh! Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Keringat

1.  Detoksifikasi Alami

Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda konsumsi memiliki pengaruh yang besar terhadap bau keringat? Faktanya, bau keringat memiliki hubungan yang erat dengan makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan bau keringat yang ampuh adalah dengan melakukan detoksifikasi alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah.

Detoksifikasi alami adalah suatu proses yang dilakukan tubuh Anda setiap harinya untuk mengeluarkan racun atau bahan kimia lainnya yang berasal dari makanan yang tidak bermanfaat bagi tubuh. Istilah lainnya adalah mengeluarkan “sampah” dari tubuh secara alami. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang mampu membantu proses detoksifikasi alami, Anda akan memiliki masalah bau keringat. Anda harus memperbanyak konsumsi makanan kaya serat dan juga memperbanyak konsumsi air mineral setiap harinya untuk menghilangkan bau keringat.

2.  Eksfoliasi

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan melakukan eksfoliasi tubuh secara rutin, tumpukan keringat di permukaan kulit Anda akan menghilang. Eksfoliasi mampu mengangkat kotoran hingga ke sela-sela. Selain itu, eksfoliasi mampu mengecilkan pori-pori agar keringat dan kotoran tidak tersumbat di dalamnya. Eksfoliasi merupakan cara menghilangkan bau keringat yang patut Anda coba.

3.  Mencukur Bulu Ketiak

Salah satu tempat bersarangnya bakteri adalah pada bulu ketiak. Bakteri pada bulu ketiak membuat tubuh menjadi bau ketika Anda berkeringat. Ketiak merupakan sela-sela kecil dalam tubuh yang akan lembab ketika tubuh berkeringat. Pada saat itulah bakteri menumpuk dan mengeluarkan bau. Dengan begitu, salah satu cara menghilangkan bau keringat adalah dengan cara mencukur bulu ketiak secara rutin.

4.  Gunakan Sabun Mandi yang Tepat

Mandi dua kali sehari merupakan salah satu cara menghilangkan bau keringat terbaik. Ketika Anda mandi, bakteri dan kotoran penyebab bau keringat yang menempel di tubuh Anda akan hilang. Pastikan untuk memilih sabun mandi yang tepat, seperti sabun antiseptic agar lebih ampuh dalam membunuh bakteri.

5.  Gunakan Deodorant dengan Antiperspirant

Deodorant yang mengandung antiperspirant sangat penting untuk digunakan sehari-hari apabila Anda ingin menghilangkan bau keringat. Antiperspirant memiliki zat aktif yang dapat menyumbat kelenjar keringat. Selain itu, terdapat kandungan zat antibakteri yang mampu menghilangkan bau keringat.

            Salah satu produk deodorant terbaik yang mengandung antiperspirant adalah deodorant spray dari AXL Parfume. Tersedia berbagai macam produk deodorant spray dengan varian wangi yang beragam serta wangi yang tahan lama seharian. Deodorant spray dari AXL juga mampu menghilangkan bau keringat Anda. Produk AXL bisa dibeli secara online. Dapatkan segera dengan cara klik di sini.