Apa Itu Reseller dan Apa yang Membedakannya dengan Agen?

Artikel AXL Keyword 50 Cover - 10 Okt 2020

            Dalam dunia digital yang sudah berkembang ini segala aspek kehidupan pun mulai beralih, dari yang serba tradisional dan konvensional menjadi modern. Kebiasaan-kebiasaan pun berubah, salah satunya adalah kebiasaan belanja. Sebelum perkembangan teknologi, kegiatan belanja selalu dilakukan secara tradisional dengan cara mengunjungi toko secara langsung dan melakukan transaksi secara langsung. Namun, dewasa ini kegiatan belanja sudah berkembang dan mulai dilakukan secara daring atau secara online. Hal tersebut menunjukkan bahwa dunia bisnis pun sudah mengalami perkembangan.

            Ketika Anda berbelanja secara online, pernahkah Anda mendengar istilah reseller dan agen? Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengenai apa itu reseller atau bagaimana cara menjadi reseller? Dalam dunia bisnis, kedua istilah tersebut sangat penting untuk diketahui karena keduanya merupakan bagian penting dalam dunia bisnis. Sebenarnya, apa itu reseller dan agen, dan apa yang membedakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Reseller?

Kata reseller secara bahasa berasal dari bahasa Inggris “Re” yang artinya kembali dan “Seller” yang artinya penjual, dan jika digabungkan dalam bahasa Indonesia maka artinya menjadi penjualan kembali. Reseller berarti suatu kegiatan bisnis atau perdagangan dengan cara menjual kembali produk yang telah dibeli dari distributor kepada konsumen. Keberadaan reseller dinilai sangat penting dan berharga bagi distributor untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk. Setelah mengetahui apa itu reseller, perlu diketahui bagaimana cara reseller mendapatkan keuntungan?

Bagaimana Reseller Mendapatkan Keuntungan?

Sedikit banyaknya jumlah keuntungan reseller ditentukan dari selisih harga beli dan jual produk yang ditetapkan. Semakin pintar reseller menetapkan harga jual maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan. Namun, dalam menetapkan harga jual pun harus tetap mempertimbangkan banyak hal karena jika menjual produk dengan harga terlalu tinggi, maka akan ada kemungkinan tidak laku.

Lalu, Apa yang Membedakan Reseller dan Agen?

Dengan penjelasan di atas maka Anda pasti sudah bisa membayangkan apa itu reseller dan bagaimana cara kerjanya. Lalu, apa perbedaannya dengan agen? Pertama-tama Anda harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan agen. Agen merupakan seseorang atau sebuah lembaga yang menjual produk baik barang maupun jasa yang dibentuk langsung oleh distributor. Agen biasanya berada di bawah distributor dan memiliki ikatan resmi dengan distributor.

Meskipun sama sama berada di bawah distributor, reseller dan agen memiliki banyak perbedaan. Untuk menjadi seorang agen, modal yang dikeluarkan cukup banyak, sedangkan reseller hanya perlu mengeluarkan sedikit uang sebagai modal awal. Agen mendapatkan keuntungan dari komisi penjualan dan selisih jual, sedangkan reseller hanya dari selisih jual saja. Selain itu, agen tidak menyalurkan barang kepada konsumen secara langsung, melainkan kepada reseller. Kemudian, reseller-lah yang menyalurkan barang secara langsung kepada konsumen.

            Itulah yang penjelasan mengenai apa itu reseller dan agen, serta perbedaannya. Jika ditanya manakah yang lebih menguntungkan, reseller atau agen? Jawabannya adalah tergantung preferensi Anda. Jika Anda tertarik untuk berbisnis secara bebas dan leluasa, maka reseller akan lebih menguntungkan karena reseller bersifat independen atau berdiri sendiri tanpa terikat kepada pihak mana pun. Selain itu, reseller tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha.

            Permasalahan umum kebanyakan orang ketika ingin memulai untuk menjadi reseller adalah bingung harus memilih produk apa untuk dijual dan bingung dalam memilih distributor yang terpercaya. Namun, Anda tidak perlu bingung lagi karena kami menyarankan Anda untuk menjadi reseller AXL Parfume.

            AXL Parfume adalah brand lokal terpercaya di Indonesia yang menjual kebutuhan sehari-hari, seperti deodorant, parfum, sabun mandi, dan masih banyak lagi. Menjadi reseller AXL akan menguntungkan Anda karena kebutuhan sehari-hari tidak bersifat musiman dan akan selalu dibutuhkan.

            Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui berapa persen keuntungan yang akan Anda dapatkan, Anda bisa menghubungi kami dengan klik opsi Hubungi Kami di website resmi AXL. Tunggu apa lagi? Segera daftar dengan cara klik di sini.