Begini Cara Menggunakan Deodorant yang Benar untuk Cegah Ketiak Hitam

Informasi
September 16, 2020
Artikel AXL Keyword 33 Cover - 16 Sep 2020

            Sudah rutin menggunakan deodorant, tapi masih saja ketiak hitam? Mungkin cara Anda dalam menggunakan deodorant selama ini salah.

            Terdapat berbagai macam faktor yang menyebabkan ketiak menjadi hitam, seperti tidak membersihkan ketiak dengan baik dan masih banyak lagi. Salah satu cara mencegah ketiak hitam adalah dengan menggunakan deodorant secara rutin.

            Kebanyakan orang sudah mengetahui hal tersebut, bahkan sudah menerapkannya, namun tidak sedikit yang mengeluhkan bahwa tidak terjadi perubahan yang signifikan setelah rutin menggunakan deodorant. Mungkin selama ini Anda belum mendapatkan informasi mengenai cara menggunakan deodorant yang benar sehingga Anda belum menemukan hasil yang diinginkan untuk mencegah ketiak hitam. Lantas, bagaimana cara tepat menggunakan deodorant untuk cegah ketiak hitam?

1.  Menggunakan Deodorant Setelah Mandi

Sebelum menggunakan deodorant, pastikan untuk mandi terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk membersihkan ketiak secara bersih dan menyeluruh dengan sabun mandi sehingga bakteri dan kotoran yang menempel di ketiak hilang.

Pastikan kulit ketiak Anda bersih sebelum mengaplikasikan deodorant karena ketika ketiak tidak bersih deodorant tidak akan bekerja secara efektif dan tidak dapat meresap ke dalam kulit. Selain itu, menggunakan deodorant dalam keadaan ketiak kotor dapat menyebabkan ketiak hitam.

2.  Keringkan Ketiak Sebelum Mengaplikasikan Deodorant

Jangan pernah mengaplikasikan deodorant saat ketiak Anda sedang dalam keadaan basah atau lembab. Ini karena hal tersebut dapat menimbulkan iritasi pada ketiak dan dapat membuat ketiak hitam. Selain itu, deodorant tidak akan bekerja secara optimal. Oleh karena itu, keringkan dulu kulit ketiak Anda secara menyeluruh sebelum mengaplikasikan deodorant.

3.  Gunakan Deodorant di Malam Hari

Banyak yang belum mengetahui bahwa waktu terbaik untuk menggunakan deodorant adalah pada malam hari. Kebanyakan orang terbiasa untuk menggunakan deodorant di pagi hari, padahal pada pagi hari banyak aktivitas yang dilakukan sehingga tubuh Anda mengeluarkan banyak keringat. Ketika Anda berkeringat deodorant tidak akan bekerja secara optimal. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan ketiak hitam.

Waktu terbaik untuk menggunakan deodorant adalah pada malam hari. Hal ini karena pada malam hari aktivitas yang dilakukan tidak banyak sehingga produksi keringat juga tidak banyak. Selain itu, pada malam hari kondisi kulit ketiak akan lebih tenang sehingga deodorant dapat bekerja secara optimal.

4.  Jangan Menggunakan Deodorant Setelah Bercukur

Kulit ketiak cenderung lebih sensitif setelah dicukur karena ketika mencukur lapisan minyak yang ada di permukaan kulit ikut terkikis. Kondisi tersebut membuat kulit ketiak menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, hindari menggunakan deodorant setelah mencukur bulu ketiak karena zat kimia yang terkandung dalam deodorant dapat menimbulkan iritasi pada kulit ketiak dan iritasi dapat membuat ketiak Anda menjadi hitam. Berikan waktu minimal 24 jam hingga kulit ketiak kembali normal agar ketiak tidak iritasi saat mengaplikasikan deodorant.

5.  Terlalu Banyak Menggunakan Deodorant

Menggunakan deodorant memang ampuh untuk mengatasi bau badan dan mencegah ketiak hitam sehingga banyak yang salah kaprah dan menggunakan deodorant dalam jumlah banyak. Padahal, pemakaian deodorant dalam jumlah banyak justru akan membuat ketiak menjadi hitam karena banyaknya kotoran sisa deodorant yang menempel. Oleh karena itu, pemakaian deodorant harus dibatasi. Gunakan deodorant secukupnya, cukup 1-2 kali semprot jika menggunakan deodorant jenis spray dan 4-5 kali oles jika menggunakan deodorant jenis roll on.

            Praktikan cara-cara di atas ketika menggunakan deodorant untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mencegah ketiak hitam. Selain itu, pilihlah deodorant dengan kualitas baik. Salah satu deodorant yang memiliki kualitas di atas standar adalah deodorant spray AXL. Cukup dengan 1-2 kali semprot Anda dapat mencegah ketiak hitam dan mendapatkan wangi yang tahan lama seharian. Klik di sini untuk mendapatkan produk deodorant spray terbaik dari AXL.