Intip 5 Cara Menghilangkan Ketiak Basah

Tips
September 8, 2020
Artikel Keyword 28 Cover - 8 Sep 2020

            Apakah kamu pernah mengalami kondisi ketiak basah? Hampir semua orang pernah mengalami kondisi ini. Sebagian orang mungkin memilih untuk mengacuhkannya dan tidak menganggapnya penting. Namun, bagi kebanyakan orang ketiak basah dianggap merusak penampilan dan membuat kepercayaan diri menurun.

            Tentu menjengkelkan apabila penampilan kita yang sudah terlihat keren dan modis menjadi rusak karena ketiak basah, terutama ketika sedang mengenakan baju dengan warna cerah. Ketiak yang basah akan dengan mudah terlihat pada baju. Rasanya tidak ingin bertemu orang lain karena malu. Sebenarnya, apa saja yang menjadi penyebab ketiak basah?

Penyebab Ketiak Basah

Sebelum mencari tahu cara menghilangkan ketiak basah, ada baiknya kamu mencari tahu hal apa saja yang menyebabkan kondisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab ketiak basah:

  • Gaya hidup tidak sehat
  • Mengonsumsi makanan pedas dan panas
  • Baju yang dikenakan tidak menyerap keringat
  • Stres dan cemas berlebihan
  • Kondisi hyperhidrosis

Lantas, Bagaimana Cara Menghilangkan Ketiak Basah?

Setelah membaca dan mengetahui beragam faktor yang menyebabkan kondisi ketiak basah, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencari cara untuk menghilangkannya. Kira-kira, cara seperti apa yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan ketiak basah? Intip 5 cara menghilangkan ketiak basah berikut ini.

1.  Perbaiki Gaya Hidup

Salah satu penyebab ketiak basah adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlalu banyak merokok dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Ketika sedang merokok, nikotin yang dihirup menyebabkan tubuh melepaskan zat asetilkolin, zat ini merupakan zat kimia yang menstimulasi kelenjar keringat. Sedangkan, alkohol mengandung zat yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh sehingga tubuh akan mengeluarkan lebih banyak keringat yang menyebabkan ketiak menjadi basah. Dengan mengurangi rokok dan konsumsi alkohol, kita dapat mencegah dan menghilangkan ketiak basah.

2.  Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

Makanan yang pedas akan membuat tubuh menjadi berkeringat. Hal tersebut dapat menyebabkan ketiak basah. Cabai yang menjadi komposisi utama makanan pedas mengandung zat capsaicin yang merangsang proses pembakaran. Ini memicu suhu badan menjadi panas sehingga mengeluarkan keringat. Salah satu cara menghilangkan ketiak basah adalah dengan mengurangi konsumsi makanan pedas dan menggantinya dengan makanan yang sehat dan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

3.  Gunakan Baju yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Ketiak basah dapat dihilangkan dengan cara mengenakan baju yang menyerap keringat. Jenis-jenis bahan yang dapat menyerap keringat adalah katun, linen, sutera, rayon, dan viscose. Dengan menggunakan bahan yang menyerap keringat, ketiak tidak akan terasa lembab dan tidak akan basah karena keringat yang dikeluarkan akan terserap.

4.  Menggunakan Sabun Antiseptik

Mandi dua kali sehari menggunakan sabun antiseptik merupakan cara menghilangkan ketiak basah yang ampuh. Jangan malas mandi jika kamu termasuk orang yang mudah berkeringat. Selain menyebabkan penumpukan bakteri, ketiak yang basah karena berkeringat juga akan mengeluarkan bau tidak sedap.

5.  Menggunakan Antiperspirant

Menggunakan antiperspirant adalah cara menghilangkan ketiak basah yang tepat karena antiperspirant mengandung aluminium yang berfungsi untuk menyumbat keringat sehingga ketiak akan tetap kering dan wangi.

            Salah satu produk antiperspirant yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketiak basah adalah Pierre Cardin Deodorant Spray dari AXL. Selain wanginya yang tahan lama, produk ini mengandung antiperspirant yang mampu menghilangkan ketiak basah sehingga kamu akan semakin percaya diri. Klik di sini untuk mendapatkan produk.