Kegunaan Sabun Anti Bakteri Bagi Tubuh

Artikel AXL Keyword 54 Cover - 18 Okt 2020

            Mandi adalah bagian dari rutinitas kegiatan sehari-hari. Ketika mandi kita membutuhkan sabun untuk membersihkan bagian-bagian tubuh agar tubuh selalu bersih dan sehat, terutama ketika kita melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat. Faktanya, di dalam keringat terdapat bakteri-bakteri yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu, bakteri tersebut dapat mengeluarkan aroma tidak sedap pada tubuh kita.

            Salah satu jenis sabun yang ampuh dalam membunuh bakteri adalah sabun anti bakteri atau biasa disebut sabun antiseptik. Sesuai dengan namanya, sabun anti bakteri berfungsi untuk menangkal dan membunuh bakteri pada tubuh. Selain itu, banyak kegunaan lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasan mengenai sabun anti bakteri beserta manfaatnya.

Apa Itu Sabun Anti Bakteri?

Sabun anti bakteri atau sabun antiseptik adalah sabun yang dibuat menggunakan bahan khusus. Sabun ini berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di permukaan kulit. Sabun antiseptik terdiri atas dua jenis, yaitu cair dan batang.

Menurut seorang dosen epidemiologi di Columbia Univeristy, Elaine L. Larson, Ph.D, sabun antiseptik berjenis cair lebih baik dari pada sabun antiseptik batang karena terdapat kemungkinan paparan bakteri yang lebih besar pada sabun batang. Cara penggunaan sabun batang, yaitu dengan meletakkannya langsung di tangan memungkinkan terjadinya perpindahan bakteri dari tangan ke sabun. Wadahnya yang sering terendam air pun membuat sabun menjadi lembab sehingga bakteri menjadikannya tempat untuk berkembang biak. Oleh karena itu, untuk menghindari perpindahan bakteri kita dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptik dalam bentuk cair.

Kegunaan Sabun Anti Bakteri

Setelah mengetahui arti dari sabun anti bakteri, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah kegunaannya. Berikut merupakan kegunaan dari sabun antiseptik.

1.  Melindungi Kulit dari Bakteri dan Virus

Kegunaan sabun antiseptik yang pertama adalah menjaga serta melindungi kulit dari bakteri dan virus yang tak terlihat. Terdapat kandungan bahan kimia pada sabun antiseptik yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Selain itu, sabun antiseptik dapat membantu mencegah dan meredakan penyakit akibat infeksi kuman dan bakteri.

2.  Mampu Mengobati Penyakit Kulit

Salah satu penyebab penyakit kulit adalah jamur. Jamur diketahui sebagai penyebab berbagai macam penyakit kulit, seperti panu, kadas, kurap, dan masih banyak lagi. Jamur timbul ketika kondisi kulit terlalu lembab seperti tubuh yang berkeringat sehabis olahraga. Oleh karena itu, ketika Anda berkeringat segeralah keringkan tubuh Anda dan mandi dengan menggunakan sabun antiseptik.

3.  Menghilangkan Ruam dan Gatal

Rasa gatal dapat membuat tubuh tidak nyaman karena ketika tubuh terasa gatal akan timbul sensasi ingin menggaruk secara terus menerus. Hal yang menjadi masalah adalah ketika Anda menggaruk kulit secara menerus yang akan memicu iritasi. Salah satu kegunaan sabun antiseptik adalah menghilangkan ruam dan gatal pada tubuh dengan cara menggunakannya saat mandi dua kali sehari. Dengan menggunakan sabun antiseptik rasa gatal akan berkurang.

            Nah, itulah macam-macam manfaat dari sabun anti bakteri bagi tubuh. Dengan banyaknya manfaat yang terdapat pada sabun antiseptic Anda dapat mencoba untuk menggunakannya. Salah satu merek sabun antiseptik yang berkualitas adalah sabun antiseptik AXL Alexander. Selain wanginya yang menyegarkan, sabun antiseptik AXL Alexander aman untuk digunakan sehari-hari agar tubuh terlindung dari kuman dan bakteri.

            Anda bisa mendapatkan sabun antiseptik AXL Alexander di supermarket dan minimarket terdekat. Anda juga bisa membelinya secara online melalui situs resmi AXL Parfume. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah dapat terlindungi dari kuman dan bakteri. Segera dapatkan produknya dengan cara kunjungi situs kami.