Sering Disebut, Sebenarnya Apa Arti Reseller?

Informasi
September 28, 2020
Artikel AXL Keyword 39 Cover - 28 Sep 2020

            Dewasa ini kegiatan online shopping merupakan kegiatan yang sering dilakukan. Kegiatan tersebut digemari karena bersifat mudah dan praktis untuk melakukan proses jual beli. Banyak keuntungan yang didapat, seperti menghemat waktu, harga barang lebih murah, banyak promo dan diskon, dan masih banyak lagi.

            Bagi Anda yang pernah dan aktif melakukan kegiatan online shopping, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah reseller. Pasalnya, setiap hendak membeli atau menjual sesuatu di online platform tulisan reseller selalu berseliweran. Oleh karenanya, pernahkah Anda bertanya apa arti reseller?

            Beberapa orang sudah mengetahui dan memahami apa arti reseller, namun masih banyak yang bingung dan bertanya-tanya. Sebenarnya, apa arti reseller? Berikut penjelasannya.

Apa Arti Reseller?

Reseller adalah suatu kegiatan bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara membeli barang untuk dijual kembali kepada customer. Keuntungan didapat dari selisih harga beli barang dan harga jual.

Ya, dengan menjadi reseller Anda tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu untuk memproduksi barang karena Anda dapat membeli produk yang akan dijual dalam bentuk jadi. Seorang reseller akan mencari supplier yang merupakan tangan pertama produksi barang. Reseller akan membeli produk dari supplier kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan. Meskipun tidak perlu memproduksi barang, seorang reseller harus pintar dalam membuat strategi marketing agar produk yang dijual dengan harga yang lebih tinggi dapat laku di pasaran.

Keuntungan dan Kerugian Menjadi Reseller

Penjelasan di atas merupakan penjabaran singkat apa arti reseller yang sebenarnya. Meskipun mudah, tentu terdapat keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan dari menjadi reseller. Ini dia keuntungan dan kerugian menjadi reseller.

Keuntungan:

1.  Tidak Membutuhkan Modal Besar

Menjadi seorang reseller tidak membutuhkan modal yang besar karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk kegiatan produksi yang biasanya membutuhkan modal yang besar.

2.  Risiko Kerugian Kecil

Dikarenakan tidak memproduksi barang sendiri, risiko kerugian menjadi kecil. Modal tidak akan terbuang sia-sia karena kesalahan produksi, maintenance alat, dan lain sebagainya. Hal yang bisa dilakukan reseller adalah mengatur stok barang. Reseller bisa mengatur stok barang yang perlu dibeli dari supplier. Hal tersebut menguntungkan karena reseller tidak perlu memperbanyak stok jika dirasa tidak diperlukan. Dengan begitu, kerugian juga menjadi minim karena bisa mengatur stok sehingga barang tidak menumpuk.

Kerugian:

1.  Kontrol Kualitas Mendalam

Salah satu kerugian dari menjadi reseller adalah kurangnya kontrol kualitas produk.

Ketika membeli produk dalam jumlah banyak maka reseller harus lebih teliti dalam melakukan quality control. Dengan jumlah yang banyak, dikhawatirkan akan ada produk yang rusak dan tidak memenuhi standar. Jadi untuk menghindari hal tersebut diperlukan kontrol kualitas yang mendalam.

2.  Kompetitor Menjamur

Ketika menjadi reseller, maka tantangan terberat adalah banyaknya kompetitor, terutama jika produk yang dijual adalah produk dari merek besar dan ternama. Kompetitor dari produk besar dan ternama biasanya banyak dan bersaing satu sama lain. Oleh karena itu, seorang reseller harus membuat strategi marketing yang tepat untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

            Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa arti reseller, serta kekurangan dan kelebihannya. Jika Anda tertarik untuk menjadi reseller, pastikan untuk memilih supplier yang produknya sudah dikenal oleh masyarakat luas untuk memudahkan jalan Anda sebagai reseller.

            Salah satu supplier yang menjual produk-produk berkualitas adalah AXL Parfume. Bergerak di bidang kosmetik dengan spesialisasi parfum, brand ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Produk-produknya pun beragam, mulai dari deodorant spray, sabun mandi, hingga pomade tersedia di AXL Parfume. Hal yang menjadi poin plusnya adalah produk-produk AXL Parfume dibuat dengan kualitas di atas standar.

            Tunggu apa lagi? Segera bergabung menjadi reseller AXL Parfume dan dapatkan harga spesial dengan cara mengisi form di sini.