Apa Saja Penyebab Ketiak Hitam? Cek Di Sini

photo-1519624903447-800294f528c7

Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang pusing memikirkan apa sebenarnya penyebab ketiak hitam yang Anda alami. Memang masih banyak orang yang memiliki ketiak dengan warna menghitam sehingga merasa penampilannya tidak sempurna. Padahal kemungkinan besar Anda dan juga beberapa orang lainnya telah melakukan banyak cara agar ketiak tidak menjadi hitam.

Ketiak yang menghitam memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor sehingga memerlukan penanganan yang sesuai. Itulah yang menyebabkan orang belum berhasil mengatasi masalah warna hitam pada ketiak karena tidak tahu apa penyebabnya. Agar usaha penanganannya lebih efektif dan mendapatkan hasil memuaskan ketahui lebih dulu apa faktor penyebab ketiak hitam tersebut.

Agar Anda bisa mengenali apa yang menjadi penyebab warna ketiak menjadi hitam silahkan cek di bawah ini.

Faktor Penyebab Ketiak Menjadi Hitam


Iritasi Pada Kulit Ketiak

Menghitamnya warna pada bagian ketiak disebabkan oleh terjadinya iritasi pada bagian kulitnya. Cara mengatasinya jelas dengan jalan menghilangkan penyebab ketiak hitam tersebut yaitu iritasi. Anda harus mencegah hal yang bisa menyebabkan iritasi pada bagian kulit ketiak seperti kebiasaan mencabuti bulunya. Jangan mencabuti atau mencukur bulu ketiak tanpa mengoleskan krim terlebih dahulu.

Penggunaan krim sebelum mencukur atau mencabut bulu ketiak akan mencegah iritasi yang bisa membuatnya menjadi hitam. Perlu juga Anda ketahui bahwa mencabut bulu ketiak akan memicu produksi melanin pada kulit ketiak. Inilah yang menyebabkan ketiak menjadi hitam.

Terjadinya Infeksi Bakteri

Faktor penyebab ketiak hitam yang lainnya adalah adanya infeksi bakteri pada permukaan kulit di bagian tersebut. Bakteri yang bisa menimbulkan infeksi pada ketiak tersebut bernama Corynebacterium minutissimun yang akan semakin subur saat tubuh berkeringat.

Untuk mencegahnya banyaknya kerigat, pakailah produk yang bisa mengendalikan keringat berlebih seperti anti perspirant. Zat anti perspirant biasanya terdapat dalam deodorant yang bagus seperti merk AXL yang bisa Anda coba saat ini juga.

Adanya Kehamilan

Wanita yang sedang mengandung atau hamil akan lebih mudah memiliki masalah ketiak yang menghitam. Hal tersebut terjadi karena pengaruh hormon yang mengalami perubahan selama masa kehamilan. Salah satu akibat dari perubahan hormon di masa kehamilan adalah meningkatnya produksi melanin yang menyebabkan warna hitam pada kulit.

Adanya Penumpukan Sel Kulit Mati

Penyebab ketiak hitam lainnya adalah adanya penumpukan sel kulit yang telah mati di bawah permukaannya. Sel kulit mati pada ketiak yang bercampur dengan bakteri akan memicu kerja kelenjar keringat. Itulah mengapa Anda membutuhkan deodorant dengan anti perspirant untuk mencegah keringat berlebih dan pertumbuhan bakteri.

Contoh produk deodorant yang mengandung anti perspirant adalah AXL dengan wangi yang menyegarkan. Gunakan setiap hari setelah mandi sebagai cara untuk mengurangi warna hitam pada ketiak.

Penyakit Acanthosis Nigricans

Ada suatu penyakit atau gangguan yang bisa menjadi penyebab ketiak hitam yaitu Acantosis Nigricans. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang dengan kondisi tertentu seperti :

  •   Obesitas atau kelebihan berat badan.
  •   Penderita diabetes tipe 2.
  •   Gangguan pada hormon seperti tiroid, PCOS dan sindrom Cushing.
  •   Efek samping dari penggunaan obat yang berpengaruh pada hormon seperti pil KB.


Penyakit tersebut bisa menyebabkan terjadinya penebalan pada kulit sehingga warnanya menjadi lebih gelap termasuk di bagian ketiak. Penyebab ketiak hitam karena penyakit tersebut memang tidak bisa dihilangkan tetapi bisa dikurangi efeknya.

Menggunakan deodorant secara tepat juga berpengaruh dalam membuat ketiak tidak hitam. Jangan gunakan deodorant secara berlebihan karena dapat menjadikan semakin banyak residu deodorant tertinggal di ketiak dan menyebabkan ketiak hitam. Gunakan deodorant secukupnya dan pilih deodorant dengan kandungan yang tepat. Ada baiknya kamu gunakan deodorant dengan kandungan yang sudah dipastikan aman. Salah satunya AXL deodorant atau produk deodorant keluaran AXL lainnya disini