Cara Berbisnis dengan Modal Kecil, Siapa Takut?

Tips
January 5, 2021
5 cover

Apakah Anda pernah memiliki keinginan berbisnis tetapi takut untuk mencobanya? Umumnya ketakutan untuk memulai bisnis karena alasan memerlukan modal yang besar. Banyak orang takut jika keuntungan yang diperoleh tidak menutup modal yang dikeluarkan. Ketakutan-ketakutan tersebut muncul  karena Anda mungkin belum memiliki rencana yang matang serta tidak mencari tahu lebih mempelajari bagaimana cara berbisnis yang benar. Sebenarnya berbagai cara untuk pemula bisa Anda pelajari dari mana saja baik buku maupun internet

Di era pandemi seperti sekarang banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, hal ini yang membuat munculnya pelaku-pelaku bisnis pemula. Masih banyak pelaku bisnis pemula yang tidak mengetahui cara berbisnis yang benar agar meraup keuntungan. Cara berbisnis dengan modal kecil mungkin menjadi salah satu jalan keluar bagi Anda yang masih pemula dan awam dengan dunia bisnis. Berikut beberapa hal yang Anda harus perhatikan dalam cara berbisnis:

    1. Ide atau rencana bisnis yang matang

Jika Anda memiliki banyak ide dan inovasi tentang bisnis apa yang akan Anda jalani, itu merupakan sebuah langkah besar. Karena ketika Anda terjun ke dalam dunia bisnis, Anda juga harus memikirkan kompetitor-kompetitor Anda yang terlebih dahulu terjun. Ide bisnis Anda harus memiliki ciri khas agar berbeda dan tidak mudah ditiru. Rencana yang matang juga merupakan hal terpenting apa lagi jika modal nya terbatas, Anda harus merencanakan jauh ke depan bisnis Anda agar dapat bertahan jangka panjang.

    2. Lakukan sistem pre-order

Jika ide bisnis Anda tidak bergerak di bidang jasa, biasanya untuk menyiasati modal yang kecil pelaku bisnis melakukan sistem pre-order terhadap produk yang ditawarkan. Sistem ini digunakan untuk meminimalisir kerugian yang akan ditimbulkan. Cara berbisnis dengan sistem pre-order ini terbukti efektif bagi pelaku bisnis pemula.

    3. Passionate dengan bisnis yang dijalankan

Banyak orang yang memulai bisnis karena ikut-ikutan trend, karena berpikir sedang laku dipasaran lalu akan meraup keuntungan yang besar. Padahal tidak handal atau menyukai bisnis tersebut. Passionate adalah kunci dalam cara berbisnis yang kelihatannya mudah tetapi sebenarnya sulit dilakukan. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk mengembangkan bisnis Anda.

    4. Promosi


Promosi merupakan cara yang sangat efektif dari dulu hingga sekarang. Jika produk yang Anda jual merupakan sebuah inovasi baru dan pasti belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Oleh sebab itu, Anda sebagai pelaku bisnis harus gencar melakukan promosi. Untuk bisnis dengan modal kecil, Anda dapat mencoba promosi gratis dengan social media. Atau Anda juga bisa meminta teman-teman Anda mempromosikan produk Anda di akun sosial media mereka. Cara berbisnis ini sangat penting digunakan agar menciptakan brand awareness di kalangan masyarakat.

    5. Reseller atau Dropshiper

Pada point sebelumnya dijelaskan Anda harus memiliki inovasi pada produk Anda. Tetapi jika Anda masih tidak yakin dan takut menciptakan produk atau brand sendiri, Anda dapat mencoba cara ini. Dengan Anda menjadi reseller resmi suatu brand yang terkenal mungkin akan lebih mudah mendapatkan konsumen. Hal tersebut terjadi karena orang-orang pasti sudah familiar dengan brand tersebut, dan yakin untuk membeli produk dari Anda. Selain reseller, cara berbisnis yang cukup mudah bagi pemula yaitu dengan menjadi dropshiper. Berbeda dengan reseller yang mengharuskan Anda membeli produk nya dulu kemudian dapat Anda jual kembali sesuai keinginan Anda, dropshiper bisa dikatakan tidak memerlukan modal. Cara berbisnis dropshiper cocok untuk Anda yang memiliki modal sangat minim, Anda hanya perlu modal kuota internet untuk menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dan supplier produk yang Anda jual.

Hal-hal diatas menunjukkan bahwa dengan modal kecil bukan merupakan suatu halangan. Jika Anda berminat mulai berbisnis dengan menjadi reseller, Anda dapat coba menjadi AXL Parfume. Berbagai kemudahan bisa Anda dapatkan dengan menjadi reseller AXL Parfume, seperti Anda akan diberikan opsi membeli produk AXL Parfume dengan cara grosir atau semi grosir. Untuk anda yang baru memulai bisnis dengan modal kecil bisa memilih opsi grosir, Anda juga akan mendapatkan keuntungan bonus modal 10% dan tidak ada target apapun. Ayo segera bergabung menjadi reseller AXL Parfume!