Ketahui Alasan Penyebab Keringat Berlebih

23

Keringat yang berlebihan dapat mengganggu kesempurnaan penampilan. Tidak hanya akan terlihat pada daerah baju yang berada pada ketiak, namun juga pada punggung akan terlihat basah. Akibatnya tubuh terasa tidak nyaman dan tersiksa karena banyaknya keringat yang diproduksi.

Keringat yang berlebihan bisa jadi disebabkan oleh tingginya suhu udara. Sehingga secara otomatis sistem metabolisme tubuh akan mendinginkan tubuh dengan cara memproduksi keringat berlebih ini. Namun, jika udara tidak panas dan aktivitas tidak tinggi, Anda masih berkeringat berlebih, maka bisa jadi penyebabnya adalah hal lain. Berikut beberapa alasan penyebab keringat berlebih.

Penyebab Keringat Berlebih

1.      Banyak Kegiatan

Banyak kegiatan ataupun sedang berolahraga otomatis tubuh akan memproduksi keringat yang berlebihan. Saat Anda sedang menjalankan aktivitas yang tinggi, maka suhu tubuh akan meningkat. Akibatnya, sistem tubuh akan menurunkan suhu tersebut untuk menjaga keseimbangan suhu di dalam dan di luar tubuh. Cara menurunkan suhu ini yaitu dengan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang besar.

2.     Demam

Salah satu penyebab keringat berlebih berikutnya yaitu deman. Saat tubuh sedang mengalami demam, maka suhu tubuh menjadi tinggi. Oleh karena itu, tubuh akan berusaha menurunkan suhunya dari dalam. Hal inilah yang akan menyebabkan kelenjar keringat menghasilkan keringat berlebihan. Pada saat demam, sebisa mungkin untuk mengompresnya agar suhu tubuh cepat turun.

3.     Cemas

Cemas merupakan salah satu penyebab keringat berlebih. Ketika tubuh mengalami kecemasan, maka detak jantung akan meningkat dan tekanan darah akan naik. Akibatnya suhu tubuh akan mengalami kenaikan pula. Oleh karena itu, tubuh memerlukan untuk pendinginan. Cara tubuh mendinginkan badan secara alami adalah dengan memproduksi keringat.

4.     Hiperdrosis

Hiperdrosis merupakan gangguan dimana kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan. Seseorang yang mengalami hiperdrosis tidak perlu alasan khusus untuk berkeringat. Bahkan ketika mereka berada di ruangan yang memiliki AC, Anda dapat berkeringat. Hiperdrosis ini dapat dialami seseorang karena adanya faktor keturunan. Selain itu, juga merupakan tanda adanya penyakit tertentu.

Seseorang yang mengalami hiperdrosis, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya yang terjadi. Penyakit ini diduga karena adanya disfungsi saraf pada kelenjar keringat akibat keturunan.

5.     Efek Samping Obat

Obat yang Anda konsumsi bisa jadi memiliki efek yang menimbulkan keringat yang berlebihan pada waktu yang tidak menentu. Obat-obatan golongan antibiotik, tekanan darah dan obat terapi dari psikatri memiliki efek yang dapat menyebabkan tubuh berkeringat secara berlebih. Efek ini dapat dikatakan normal. Oleh karena itu, jika masih berkeringat dalam keadaan yang wajar, maka efek ini tidak perlu dikhawatirkan.

6.     Hipertiroidisme

Penyebab keringat berlebih berikutnya yaitu adanya gangguan kelenjar tiroid atau hipertiroidisme, yaitu dimana kelenjar tiroid terlalu banyak menghasilkan hormon tiroid. Akibatnya semua sistem tubuh menjadi dipercepat. Adanya hal tersebut memicu kenaikan suhu tubuh. Akibatnya tubuh akan menurunkan suhunya dengan cara mengeluarkan keringat yang banyak.

Salah satu cara untuk mengatasi Penyebab keringat berlebih dapat diatasi dengan Anda memakai deodorant yang mengandung antiperspirant. Dimana antiperspirant ini mampu mengontrol pembentukan keringat, dengan cara menyumbat kelenjar keringat. Sehingga, keringat tidak terproduksi secara berlebihan. Salah satu brand deodorant yang mengandung antiperspirant yakni deodorant yang dikeluarkan AXL parfume.

AXL Parfume mengeluarkan berbagai brand deodorant seperti: AXL Alexander deodorant, One Man Show deodorant, Piere Cardin deodorant, Anaiso Anaiso, dan masih banyak lagi. Kesemuanya merupakan deodorant yang berbentuk spray, sehingga memudahkan Anda untuk memakainya pada saat Anda terburu-buru. Nikmati wangi menyegarkannya tiap hari. Produkya dapat dengan mudah Anda temukan di Supermarket, atau secara online di situs resmi miliki AXL parfume.