Penyebab Ketiak Hitam yang Mengganggu Percaya Diri

004

Area ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif dan perlu perawatan khusus untuk merawatnya. Berbagai permasalahan bisa saja muncul di area ketiak ini seperti bau ketiak, iritasi, atau ketiak hitam. Permasalahan kulit ini harus segera diatasi dengan cepat agar tidak bertambah parah. Ketiak hitam adalah salah satu permasalahan ketiak yang sering kali mengganggu penampilan bahkan bisa membuat rasa percaya diri menurun. Area ketiak yang hitam pasti membuat Anda takut atau malu memakai baju tanpa lengan. Karena ketiak hitam ini memberikan kesan Anda tidak pandai merawat diri dan sebagainya. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui dulu beberapa penyebab ketiak hitam yaitu:

1.      Sering memakai baju yang ketat

Memakai baju atau pakaian yang cenderung ketat ternyata bisa menjadi salah satu penyebab ketiak hitam. Karena baju yang ketat melekat ditubuh Anda khususnya bagian ketiak tentu akan sering bergesekan dengan area ketiak. Secara tidak sadar gesekan yang sering terjadi ini akan menyebabkan luka atau iritasi seperti berbentuk kemerahan atau ruam, proses penyembuhan luka ini akan menjadi penyebab ketiak hitam. Karena area ketiak memiliki banyak lipatan yang tentunya membuat proses penyembuhan luka lebih lama dan terjadi hiperpigmentasi

2.      Tumpukkan sel kulit mati

Pada area kulit ketiak yang memiliki banyak lipatan sering kali terjadi penumpukkan sel-sel kulit mati di antara lipatan-lipatan ini. Penumpukan sel kulit mati ini biasanya terjadi karena keringat yang menempel di kulit ketiak dalam waktu yang lama dan Anda tidak rajin membersihkannya sehingga menjadi penyebab ketiak hitam. Untuk mengatasi sel-sel kulit mati Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan sabun antiseptic yang bertekstur agak kasar. Tekstur kasar pada sabun antiseptic ini mampu mengangkat sel kulit mati yang menempel. Selain itu untuk mengatasinya, Anda harus  hati-hati saat mencukur bulu ketiak Anda agar tidak terjadi infeksi.Bulu ketiak tidak terawat dengan baik bisa menjadi tempat penumpukkan sel kulit mati dan bakteri, sehingga bisa menjadi penyebab ketiak hitam maka harus hati-hati saat mencukurnya

3.      Obesitas


Faktor penyebab ketiak hitam selanjutnya yaitu obesitas. Obesitas adalah kondisi dimana seseorang mengalami kegemukan. Sebagian orang yang mengalami obesitas biasanya memiliki kondisi kulit yang ditandai oleh bercak gelap pada daerah lipatan dan kerutan tubuh, kondisi ini sering disebut dengan Acanthosis nigricans. Kondisi ini menyebabkan kadar insulin dalam darah berlebih sehingga peningkatan produksi sel-sel pigmentasi bisa terjadi. Kondisi ini tentu berbeda dengan orang yang bertubuh ideal, orang yang tubuhnya ideal bisanya memiliki kadar insulin yang normal. Oleh sebab itu untuk mengatasinya, perlu menjaga pola makan dan tubuh yang ideal bisa agar kondisi ini tidak terjadi.

Ketiga penyebab ketiak hitam diatas ternyata bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang segala rentang usia. Oleh karena itu, Anda harus disiplin menjaga kebersihan area ketiak Anda agar tetap bersih dan cerah. Cara lainnya untuk mengatasi penyebab ketiak hitam yaitu dengan menggunakan deodorant. Pemilihan jenis deodorant yang tepat dan berkualitas tentu bisa membantu area ketiak menjadi lebih cerah. Hanya di AXL Parfume yang menjual produk-produk deodorant dengan kualitas terbaik dan harganya terjangkau. Tersedia berbagai pilihan merek atau brand Indonesia seperti Tolino, Pierre Cardin, One Man Show dan lain-lain. Semua produk tersebut dijamin aman karena sudah mendapat izin BPOM. Ayo tunggu apa lagi! Segera dapatkan deodorant terbaik Anda hanya di AXL Parfume klik disini.