Tips Memilih Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif

21

Sabun mandi merupakan salah satu kebutuhan yang termasuk dalam kebutuhan pokok. Hal ini karena setiap orang pasti memakai sabun untuk membersihkan tubuh saat mereka mandi. Sayangnya, kandungan kimia yang ada pada sabun tidak semuanya dapat cocok untuk dipakai. Orang-orang yang memiliki kulit sensitif akan sedikit sulit untuk menemukan sabun mandi yang pas untuk kulit mereka.

Kulit yang sensitif akan mudah sekali mendapatkan efek ketika mereka mengaplikasikan bahan kimia pada tubuh mereka. Salah satunya sabun untuk mandi. Efeknyapun tidak selalu sama. Bisa jadi kulit punggung menjadi timbul jerawat karena tidak cocok menggunakan sabun. Selain itu, kulit menjadi lebih kering juga merupakan efek yang dirasakan kulit sensitif. Berikut tips memilih sabun mandi untuk kulit sensitif.

Tips Memilih Sabun Mandi


1.     Perhatikan Kandungannya

Umumnya kulit sensitif akan mudah bereaksi dengan bahan-bahan kimia tertentu, termasuk bahan kimia yang terkandung pada sabun mandi. Meskipun saat mandi harus memakai sabun, pastikan Anda memperhatikan kandungannya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari efek negatif setelah menggunakan sabun. Untuk mencegah timbulnya iritasi atau gejala lain pada kulit sensitif, pilihlah sabun dengan kandungan yang dapat melembabkan kulit.

Hindarilah sabun-sabun yang mengandung bahan antibakteri. Umumnya, sabun yang mengandung bahan antibakteri dan antiseptic mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit Anda. Misalnya adanya kandungan alkohol. Untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit sensitif Anda, pilihlah sabun yang mengandung bahan alami aloe vera. Bahan ini mampu menenangkan kulit sensitif yang mudah mengalami iritasi.

2.     Pilih Sabun Cair

Sabun cair umumnya lebih banyak mengandung pelembab, yaitu petrolatum dibandingkan dengan sabun batangan. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, lebih baik jika memilih sabun mandi yang berbentuk cair. Sehingga, kelembaban kulit Anda tetap terjaga.

Banyak sekali pilihan sabun cair saat ini, pilihlah sabun cair yang berlabel dapat melembabkan. Hal ini karena tidak hanya mengandung petrolatum namun juga minyak esensial yang baik untuk kulit sensitif dan juga untuk kulit kering.

3.     Cermati Adanya Kandungan Emolien

Emolien merupakan salah satu bahan yang dapat melembabkan kulit. Jika Anda adalah seseorang yang selalu memakai sabun batangan, namun memiliki kulit yang sensitif. Maka pilihlah sabun batangan yang mengandung bahan tersebut. Bahan tersebut akan menjaga kelembaban kulit dan tidak menyebabkan kulit menjadi kering. Sehingga, kulit sensitif Anda tidak teriritasi.

Pilihlah sabun batang yang tidak mengandung alkali yang tinggi. Kandungan alkali yang tinggi pada sabun mandi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kulit sensitif menjadi teriritasi.

4.     Perhatikan Kemasan

Saat membeli produk apapun, termasuk produk sabun mandi selalu perhatikanlah kemasannya. Jika kemasannya sobek atau mengalami kerusakan, sebaiknya hindari dan jangan dibeli. Selain itu, mencermati tanggal kadaluarsa adalah hal yang teramat penting sebelum membeli produk. Pastikan sabun yang Anda beli tidak kadaluarsa. Sabun yang telah kadaluarsa dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan kulit.

Anda yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan sabun mandi cair dari AXL Alexander dengan kandungan Aloe Vera dan almond oil. Sabun cairnya diformulasikan khusus, sehingga aman untuk kulit sensitif. Selain aman digunakan untuk semua jenis kulit, sabun ini mengandung aloe vera dan minyak almond yang aman untuk kulit sensitif.

Adanya kedua bahan tersebut akan dapat menenangkan kulit sensitif dan melembabkan secara alami kulit Anda. Sehingga, kesehatan kulit dapat terjaga. Selain itu, produk AXL ini tetap mengandung bahan-bahan yang dapat membasmi bakteri penyebab bau badan. Keuntungannya, kulit bersih bebas bakteri, lembab dan sehat.

Temukan produknya di Supermarket terdekat atau beli secara online di situs resminya.